Latest News
Selasa, 09 Oktober 2018

Cara Setting Koneksi e-KUA dan Simponi Kemenkeu

Aplikasi e-KUA dengan aplikasi billing SIMPONI Kemenkeu adalah 2(dua) aplikasi yg berbeda, e-KUA berbasis desktop sedangkan SIMPONI berbasis webapps.

Keduanya sangat berhubungan erat, karena setiap data catin yang nikah diluar akan dientri di e-KUA dan harus dibuatkan billing pembayaran biaya nikah luar kantor yang dibayarkan di BANK yang telah ditunjuk.

Meskipun saling terkait tetapi ini dilakukan secara manual, sehingga menambah pekerjaan untuk operator di KUA, setelah data catin di entri kemudian di entri lagi di SIMPONI untuk buat billing dan cetak no billing, setalah di bayar e-KUA memeriksa kembali apakah no billing tadi sudah dibayar atau belum, kalo sudah dibayar data di masukkan kembali ke e-KUA yaitu: Tgl. bayar, nama bank dan no NTPN.


Untuk mempermudah pekerjaan operator KUA, di aplikasi e-KUA telah ditambahkan fitur bagaimana caranya e-KUA bisa terkoneksi langsung ke SIMPONI secara otomatis, tanpa harus entri-entri ulang lagi data SIMPONI di e-KUA. Fitur tambahan itu terdapat pada e-KUA v. 38 untuk dapat unduh, silahkan di klik link urlnya dibawah.

Setelah update ke v.38 anda hurus mensetting beberapa parameter yang penting. Car setting koneksi antara apliasi e-KUA (elektronic Kantor Urusan Agama) dengan billing SIMPONI Kemenkeu adalah sebagai berikut:
  1. Tutup terlebih dahulu aplikasi e-KUA.
  2. Buka folder SIMKAH, lalu cari file simponi_new.reg, lalu jalankan (double klik/klik kanan merger).
  3. Lalu buka e-KUA jalankan menu kelengkapan->setting->simponi. 
  4. Isi parameter user dan password billing simponi kemenkeu,
  5. Di tab OTOBOT, pastikan ID GAS (Google Apps Script) sudah terisi.
  6. Masih di tab OTOBOT, tentukan template no billing simponi sudah terisi, jika akan mengunakan cetak no billing secara custom.
  7. Klik tab PARAMETER, pastikan parameter sudah terisi semua.
  8. Isi username/nama profile anda sesuai dengan isian di profile billing simponi kemenkeu.



  9. Jika ingin mencetak no billing secara otomatis, centang opsi Auto Print dan pilih Default untuk mencetak dari simponi kemenkeu atau Custom untuk mencetak sesuai dengan template yang di pilih di no.5
  10. Tentukan format yang akan ditampilkan di kolom keterangan di billing simponi.
  11. Tekan tombol OK untuk menyimpan setting parameter yang sudah diisi sekaligus menutup form Setting.
Unduh e-KUA
http://www.ariessoftware.org/p/software-e-kua.html

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Cara Setting Koneksi e-KUA dan Simponi Kemenkeu Rating: 5 Reviewed By: aries