Latest News
Jumat, 24 Januari 2020

Update nomer NTPN Simponi dengan Telegram

Aplikasi Billing Simponi milik Kemenkeu adalah aplikasi yang mengatur pembayaran/penyetoran PNBP secara online, baik untuk pembuatan tagihan, pembayaran dan laporan PNBP dengan akurat. Sayangnya belum menyediakan API agar bisa di akses dengan mudah dan di integrasikan dengan sistem/aplikasi di instansi yang menggunakan layanan aplikasi simponi.


Gambar disamping adalah contoh bentuk tagihan pembayaran PNBP untuk calon pengantin (catin) yang menikah di luar kantor KUA yang sudah di custom agar lebih sederhana dan hemat kertas. Bawaan bentuk tagihan di simponi sebanyak 2 lembar kertas, padahal yang terpenting adalah no billing saja yang dibutuhkan catin agar bisa membayar di bank atau anjungan ATM bahkan melalui mesin EDC untuk pendaftaran nikah.

Untuk bisa mencetak tagihan pembayaran PNBP, operator harus entri manual atau ulang data catin yang sudah di entri di aplikasi pencatatan nikah di KUA (e-KUA) ke dalam aplikasi simponi.

Setelah mendapatkan no billing dan  tanggal kadaluarsa dari tagihan simponi operator KUA harus mencatat secara manual ke dalam data pendaftaran nikah catin yang bersangkutan.

Setelah catin melakukan pembayaran tagihan PNBP, akan mendapat slip pembayaran dari BANK atau mesin EDC. Slip dari BANK harus di serahkan ke KUA untuk di catat no NTPN, NTB, tanggal bayar dan Nama Bank ke aplikasi e-KUA secara manual, meskipun semestinya tidak perlu karena simponi secara otomatis mengirim pemberitahuan pembayaran tagihan PNBP melalui email yang di cantukan dalam profile pengguna simponi.




Langkah-langkah pembuatan billing, pencatatan no billing dan pencatatan no pembayaran diatas bisa di pangkas menjadi 1 langkah saja dan itupun di lakukan dengan satu kali saja di aplikasi ekua. Dan semua akan berjalan secara otomatis. Catin pun tidak perlu kembali ke KUA untuk menyetorkan bukti bayar, nanti bahkan akan mendapat notifikasi pembayaran yang dilakukan sudah tercatat no pembayarannya di aplikasi e-KUA.

Adapun inovasi layanan pembayaran tagihan PNBP alurnya bisa dilihat di gambar yang paling atas. Setelah catin mendapat no billing pembayaran dan dibayarkan di BANK, secara otomatis sistem simponi kirim pemberitahuan telah di lakukan pembayaran melalui email yang di catatkan di simponi, setelah email di terima akan diteruskan melalui telegram ke no HP petugas/kepala kua  dan ke ekua untuk disimpan secara otomatis data-data no NTPN, NTP, Nama Bank dan tanggal bayar  berdasarkan no billing yang sudah tersimpan lebih dahalu di EKUA tanpa harus mengharuskan catin kembali ke kantor KUA untuk menyetorkan bukti bayar.











  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Update nomer NTPN Simponi dengan Telegram Rating: 5 Reviewed By: ariesdev