Latest News
Rabu, 15 April 2020

Notifikasi pendaftaran nikah online di simkah web dengan text to speech dan WhatsApp


Pendaftaran nikah secara online bisa di lakukan oleh masyarakat melalui website bimasislam kemenag RI, tepatnya di alamat url http://simkah.kemenag.go.id di menu daftar nikah, pendaftaran nikah online ini bisa diakses menggunakan PC (personal computer) atau melalui handphone.

Catin (calon pengantin) diminta mengisi data-data primer sesuai dengan data di KTP (kartu tanda penduduk) berikut data no HP dan email calon pengantin. Tempat KUA (kantor urusan agama) juga harus di tentukan berikut tanggal akad nikah dan jam, termasuk foto kedua calon mempelai. Setelah berhasil input data, catin akan mendapat notifikasi/konfirmasi nomer pendaftaran online melalui display di aplikasi dan email yang di cantumkan, meskipun masuk ke folder spam, catin akan mendapat informasi balik secara singkat data primer yang telah di masukkan dan nomer pendataran nikah mereka.


Banyak manfaat yang bisa didapat, jika bisa mendownload data pendaftaran nikah online di simkah web, baik itu manfaat untu opeator KUA dan catin. Salah satu manfaatnya adalah untuk pengumuman kehendak nikah online yang bisa diintegrasikan ke website KUA atau Kemenag kabupaten/kota, maupun media informasi digital yang bisa ditampilkan di layar monitor/televisi. Jika di website bisa menjadi widget untuk menghiasi halaman website, sedang di televisi sebagai media informasi yang dinamis.


Untuk bisa mendownload data pendaftaran online di simkahweb diperlukan tools/aplikasi kecil untuk melakukan tugas yang dimaksud tadi. Data yang diambil bisa list data yang ditampilkan di tabel daftar nikah atau bisa keseluruhan data catin termasuk foto bisa diunduh. Sudah tentu diperlukan user dan password simkah web untuk bisa unduh data pendaftaran catin, dan hanya orang-orang kua yang bisa melakukannya.

Jika data pendaftaran sudah bisa diunduh, bisa digunakan untuk banyak hal baik untuk operator maupun untuk catin itu sendiri. Untuk operator bisa digunakan untuk meningkatkan pelayanan prima KUA, contohnya operator KUA bisa menampilkan data pendaftaran online di website KUA, berikut status pendaftaran nikah yang telah di ajukan. Selama ini catin hanya bisa mendaftar tetapi tidak tahu kelanjutan dari pendaftaran tersebut apakah diterima oleh KUA atau tidak, dan informasi kontak KUA tidak di publish, sehingga catin kesulitan untuk berkomunikasi dengan kantor KUA. 

Data yang diunduh disini adalah data lengkap pendataran nikah yang diisi oleh catin, salah satunya adalah no Handphone, dengan nomer hp ini kua bisa mengirim feedback/umpan balik dari pendaftaran nikah yang masuk berupa notifikasi nomer pendaftaran beriku no kontak KUA yang bisa dihubungi. Hal ini tentu akan memudahkan catin untuk koordinasi terkait rencana pernikahan mereka, terkait dengan berkas-berkas yang harus dilengkapi untuk proses pencatatan nikah di KANTOR URUSAN AGAMA.









  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Notifikasi pendaftaran nikah online di simkah web dengan text to speech dan WhatsApp Rating: 5 Reviewed By: ariesdev