Latest News
Selasa, 18 Agustus 2020

Tutorial penggunaan ARMessenger

ARMessenger adalah kepanjangan dari Auto Reply Messager, yang mempunyai fitur utama membalas pesan masuk secara otomatis dari beberapa aplikasi messenger yang support dengan aplikasi ini. Isi pesan balasan hanya berupa text saja, tidak mendukung file, video, share koordinat dan gambar.

Aplikasi ini memanfatkan fitur dasar dari android yang secara otomatis memberi informasi ketika pesan masuk ke handphone kita, fitur ini yang di kembangkan agar pesan balasan yang kita kirim dapat kita susun/atur sesuai dengan pesan yang masuk baik yang statis maupun yang dinamis.



Kita bisa menentukan pesan apa saja yang bisa di balas dan balasannya bisa kita tentukan juga, nanti akan kita kenal dengan nama inbox dan outbox, inbox adalah pesan yang masuk dan outbox adalah pesan yang keluar (otomatis balas). Format inbox dan outbox kita simpan dalam google spreadsheet lalu kita upload ke apk ini.

Sedangkan untuk format pesan dan format balas nanti kita sebut keyword (kata kunci). Kata kunci ini sifatnya statis, kita bisa menyusun format pesan yang masuk dan balasannya seperti apa. Format pesan masuk dan keluar ini kita susun dalam bentuk tabel yang berisi 2(dua) kolom, yang pertama kolom keyword  (pesan masuk) dan kolom kedua adalah isinya (balasannya). Tabel keyword ini harus di ketik dan disimpan di google spreadsheet. Setelah keyword sudah di masukkan semua, kita bisa mengupload ke aplikasi ARMessenger. 


Contoh jika ada pesan masuk dan formatnya berupa text yang berisi tulisan "info" (besar kecil huruf tidak pengaruh), maka akan dibalas secara otomatis dengan text "Selamat datang !, untuk info layanan otomatis....", cara penulisannya di tabel spreadsheet adalah masukkan text "info" di kolom pertama (keyword) sedangkan text balasan "Selamat datang !, untuk info layanan otomatis...." diisikan di kolom kedua (isi), begitu seterusnya dengan keyword-keyword yang lainnya.

Selain keyword statis kita bisa membuat yang dinamis, dimana jawaban yang disediakan berasal dari fungsi fungsi yang kita desain sesuai dengan input dan output yang di sediakan, di ARMessenger sudah tertanam keyword dinamis yaitu jadwal sholat, dimana pesan yang masuk harus mempunyai format yang sudah di tentukan, setelah format sesuai maka akan di masukkan ke fungsi jadwal sholat untuk mendapatkan data waktu sholat yang ditanyakan.

Contoh : format keyword dinamis jadwal sholat adalah "jadwalsholat#nama_kota_kabupaten", maka jika ada pesan masuk yang berformat "jadwalsholat#sidoarjo" maka ARMessanger akan memanggi l fungsi jadwal sholat dengan input "sidoarjo", artinya pesan tersebut menanyakan jadwal sholat di kota sidoarjo, jika data ditemukan apk ini akan menjawab secara otomatis ke nomer/kontak yang bertanya.




  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Tutorial penggunaan ARMessenger Rating: 5 Reviewed By: ariesdev