Latest News
Kamis, 25 Februari 2021

Import Notif Simponi ke Google SpreadSheet



Setiap pembayaran setoran biaya nikah luar KUA (Kantor Urusan Agama) yang dilakukan oleh calon pengantin (catin) akan selalu mendapatkan notifikasi berupa email dari aplikasi Simponi dari Kemenkeu. Alamat email yang di kirimi notifikasi oleh simponi adalah alamat email yang sudah di daftarkan di akun simponi masing-masing KUA.


Email KUA yang di daftarkan harus yang beralamat gmail.com, mengapa harus gmail.com ? karena dengan gmail.com kita bisa integrasikan dengan aplikasi yang terkait. Email selain gmail.com sebenarnya juga bisa, tetapi saat ini yang paling mudah dan cepat menggunakan gmail.com dengan google apps script (GAS).

Bagaimana caranya agar dapat notifikasi email dari aplikasi simponi ? silahkan bukan aplikasi simponi kemenkeu dengan login yang sudah diberikan, kemudian masuk ke menu managemen user->ubah profile pengguna, kemudian scroll kebawah cari info kontak dan isi alamat email dengan email 



Notifikasi email yang dikirim oleh simponi berisi data tagihan billing dan data pembayaran tagihan billing yaitu data NTPN, NTP, tanggal bayar dan tempat pembayaran. Data email inilah yang nantinya kita olah agar bisa masuk ke database lokal dan diteruskan ke operator KUA, bahkan bisa di teruskan ke catin melalui sms, whatsapp, telegram no hp yang di daftarkan di KUA ketika mengisi blanko pendaftaran nikah.

Untuk mengolah isi dari email tersebut diatas kita menggunakan google app script (GAS), mulai dari membaca email baru yang belum dibaca, mengolah isi email dan diteruskan ke telegram operator KUA melalui bot telegram yang dibuat khusus untuk menghandle notifikasi ini.

Selain diteruskan, isi dari email notifikasi dari simponi bisa kita simpan dalam spreadsheet, agar bisa di olah untuk kebutuhan data lainnya dan sudah tentu lebih enak di baca dan di analisa, karena sudah berbentuk/berformat dalam bentuk kolom dan baris

Adapun source code google apps script bisa di lihat di gambar dibawah ini, fungsi dari script ini untuk membaca isi dari email, merubah format dalam bentuk json dan dikirim ke spreadsheet, setelah itu dikirim ke telegram operator KUA.



Untuk bisa mengirim ke telegram operator KUA, akun telegram operator KUA harus menginstall/mengundang bot telegram @Ariessda_Bot ke akunnya, tanpa hal tersebut diatas script google apps script gambar bawah tidak akan bisa kirim notif ke akun telegram opearator, dimana notif ini akan digunakan untuk update no NTPN ke database lokal.

Untuk bisa membuat menuliskan script di google apps script, dengan source di gambar bawah ini silahkan ikuti tutorial selanjutnya disini..
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

2 komentar:

Item Reviewed: Import Notif Simponi ke Google SpreadSheet Rating: 5 Reviewed By: ariesdev