Latest News
Minggu, 28 Maret 2021

Cara Install RDP di linux armbian



Remote Desktop Connection adalah sebuah software yang mempunyai fungsi agar kita dapat mengoperasikan atau mengendalikan sebuah sistem komputer dari komputer lain secara remote dari jarak jauh tanpa harus datang langsung ke komputer yang akan di kendalikan.

Remote Desktop adalah salah satu fitur yang terdapat di dalam sistem operasi Microsoft Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, dan Windows Server 2008, yang mengizinkan penggunanya untuk terkoneksi ke sebuah mesin jarak jauh seolah-olah mereka duduk di depan mesin yang bersangkutan. Remote Desktop menggunakan protokol Remote Desktop Protocol (RDP), dan secara default berjalan di TCP port 3389.


Remote Desktop Protocol (sering disingkat menjadi RDP) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan oleh Microsoft Windows Terminal Services dan Remote Desktop. RDP dibuat berdasarkan protokol T.120 yang spesifikasinya diumumkan oleh International Telecommunication Union (ITU), yang juga merupakan protokol yang digunakan di dalam perangkat lunak konferensi jarak jauh Microsoft NetMeeting. Klien-klien yang mendukungnya bervariasi, mulai dari sebagian besar sistem operasi Windows 32-bit (termasuk Windows CE dan PocketPC), hingga sistem operasi lainnya, seperti Linux, FreeBSD, UNIX Solaris, dan Apple Mac OS X. Secara default, server yang membuka protokol ini, akan membuka port TCP 3389.

Linux armbian adalah salah satu client yang mendukung RDP ini, sehingga user bisa meremote server/komputer/STB yang diinstall linux armbian dengan OS windows. Fitur RDP ini tidak otomatis siap/tersedia, setelah linux armbian diinstall. Kita harus memasangnya secara manual.

Adapun cara setting/install RDP di linux armbian adalah sebagai berikut:



  1. Klik menu Applications di pojok atas sebelah kanan.
  2. Pilih menu Settings->Armbian config.
  3. Ketika muncul menu terminal masukkan password dari user root.
  4. Pilih menu Software and 3rd party software install kemudian tekan enter.
  5. Pilih menu RDP Enabled remote desktop access from windows kemudian tekan enter
  6. Jika sukses menu RDP deskripsinya akan berubah menjadi Disabled remote desktop access from windows.
  7. Silahkan keluar dari menu form Armbian config.
  8. Restart linux armbian anda.

Silahkan ke komputer lain yang ber OS windows dan sudah diinstall/diaktifkan aplikasi Remote Desktopnya. Buka aplikasi Remote Desktop dan masukkan IP dari STB/komputer target yang sudah diinstall linux armbian. Jika muncul gambar seperti dibawah ini silahkan masukkan user dan password dari linux armbian.

Jika masih gagal mengaktifkan RDP silahkan ikut tutorial selanjutnya disini.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Cara Install RDP di linux armbian Rating: 5 Reviewed By: ariesdev